Beranda > Perspektif Global > Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perpektif Global

Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perpektif Global

Pada bab ini, mari kita menyatukan persepsi bahwa perspektif global mencakup dua sisi yaitu kesadaran dan wawasan. Tanpa kesadaran kita tidak bisa memahami masalah global, dan tanpa wawasan kita tidak akan mampu menyadari dan mempertahankan kehidupan global.

perspektif global

perspektif global

A. Pentingnya Kesadaran dalam Perspektif Global
Kata kesadaran mengandung arti keinsyafan terhadap ego, diri atau benda. Kesadaran adalah kemampuan untuk melihat diri sendiri sebagaimana orang lain dapat melihatnya (Loren Bagus, 1996). Kesadaran adalah pengakuan diri yang muncul dalam diri sebagai cetusan nurani. Jika dikaitkan dengan perspektif global maka kesadaran diisini adalah pengakuan diri bahwa kita adalah bagian dari kehidupan dunia yang mempunyai ketergantungan terhadap orang lain dan bangsa lain.


Peserta didik merupakan bagian dari dunia maka ia harus diberikan pengetahuan tentang keberadaannya di muka bumi sebagai penduduk dunia. Tugas guru adalah mengglobalkan pengetahuan dan sikap serta kesadaran terhadap dunia. Guru seperti ini adalah guru global atau Global Teacher (Steiner,1996).
Kunci pokok dari perspektif global adalah “menghormati orang lain”. Informasi, komunikasi terbuka, mau mendengarkan merupakan keterampilan dasar bagi setiap warga negara dalam memahami dunia. Permasalahan-permasalahan global yang etrajadi di dunia ini juga menjadi tanggungjawab kita. Misalnya Global Warming atau pemanasan global yang sekarang sedang terjadi. Kenaikan suhu bumi bukan hanya disebabkan oleh suatu kelompok atau negara tetapi juga perilaku seluruh manusia di dunia yang kurang ramah lingkungan. Upaya penanggulangan dan pengurangan global warming menjadi tanggungjawab seluruh manusia di muka bumi, bukan hanya tanggungjawab negara tertentu.
Kesadaran tentang terjadinya globalisasi adalah sikap atau menerima suatu kenyataan bahwa planet tempat kita hidup semakin terasa sempit dengan adanya terobosan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sikap dalam globalisasi ini bukan melawan arus melainkan dengan “menjinakkan” globalisasi itu sendiri. Globalisasi adalah proses yang berlanjut, bila kita lambat maka kita ketinggalan zaman, namun akan berakibat fatal jika kita salah memperlakukannya.

  1. Amelia Dhika A
    29 Maret 2011 pukul 11:48

    Ass ibuk. Pengalaman meluas jika kita dapat melihat kehidupan secara global buk, trma ksh materinya buk

  2. Dhimas Hardhiana Dwi Putra
    12 Mei 2011 pukul 05:44

    Ass ibuk. Pengalaman meluas jika kita dapat melihat kehidupan secara global, trma ksh untuk segala materinya Bu, , ,
    i Like it, , 🙂

  3. Anggit
    12 Mei 2011 pukul 11:46

    Siap 86!!

  4. Qomarinah
    12 Mei 2011 pukul 11:48

    Sebagai guru SD memang kita harus sadar akan hal ini, Bu…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: