Beranda > Foto > Pelataran Teknik, 1 April 2011

Pelataran Teknik, 1 April 2011

Kategori:Foto Tag:
  1. 5 April 2011 pukul 04:53

    Nama : Enadarto Nugroho
    No : 08144600055
    Kelas : PGSD A2-08
    Evaluasi saya terhadap Millenium Development Goals yang telah diterapkan di Indonesia
    Indonesia telah menerapkan MDG’s sebagai target terwujudnya kesejahteraan rakyat yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015. Namun secara kelseluruhan Indonesia belum dapat menjalankan tujuan yang telah di sepakati dalam MDG’s tersebut secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan yang ada, meskipun Indonesia telah menerapkannya namun tetap saja masih belum dapat tercapai secara maksimal. Dari delapan tujuan MDG’s dapat dievaluasi sebagai berikut.
    1. Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim
    Target untuk 2015: Mengurangi setengah dari penduduk dunia yang berpenghasilan kurang dari 1 dolar AS sehari dan mengalami kelaparan.
    Evaluasi saya : Indonesia belum mampu mengurangi jumlah penduduk yang berpenghasilan dibawah 1 dolar AS per hari, hal ini terbukti masih banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki pekerjaan serta masih terdapat gelandangan dan pengemin yang berkeliaran diman-mana.
    2. Pemerataan pendidikan dasar
    Target untuk 2015: Memastikan bahwa setiap anak , baik laki-laki dan perempuan mendapatkan dan menyelesaikan tahap pendidikan dasar.
    Evaluasi saya : Secara kelseluruhan tujuan ini telah dapat dilaksanakan, Pemerintah telah memfasilitasi adanya pendidikan dasar, meskipun telah ada dana BOS akan tetapi masih banyak anak yang belum dapat merasakan pendidikan dasar, khususnay di daeraha pedalaman.

    3. Mendukung adanya persaman jender dan pemberdayaan perempuan
    Target 2005 dan 2015: Mengurangi perbedaan dan diskriminasi gender dalam pendidikan dasar dan menengah terutama untuk tahun 2005 dan untuk semua tingkatan pada tahun 2015.
    Evaluasi saya : Di Indonesia telah dapat melaksanakan tujuan tersebut dengan baik. Hal ini dapat dilihat bahwa di Indonesia baik laki-laki ataupun perempuan dapat mrasakan hak dan pendidikan yang sama.
    4. Mengurangi tingkat kematian anak
    Target untuk 2015: Mengurangi dua per tiga tingkat kematian anak-anak usia di bawah 5 tahun
    Evaluasi saya : Indonesia telah dapat melaksanakan tujuan ini dengan adanya pekan imunisasi nasional serta posyandu. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak di Indonesia mendapat jaminan kesehatan dari pemerintah.
    5. Meningkatkan kesehatan ibu
    Target untuk 2015: Mengurangi dua per tiga rasio kematian ibu dalam proses melahirkan
    Evaluasi saya : Tujuan ini telah dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terlihat dengan adanya palayanan kesehatan terhadap ibu hamil. Serta adanya teknologi yang canggih untuk membantu persalina bagi ibu hamil.
    6. Perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainnya
    Target untuk 2015: Menghentikan dan memulai pencegahan penyebaran HIV/AIDS malaria dan penyakit berat lainnya.
    Evaluasi saya : Di Indonesia telah terdapat beberapa organisasi yang memberika penyuluhan terhadap masyarakat tentang dampak penyakit HIV/AIDS. Serta di Indonesia telah dicanagnkan 3M dalam mencegah adanya penyakit malaria.
    7. Menjamin daya dukung lingkungan hidup
    Target:
    Mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan dalam kebijakan setiap negara dan program serta mengurangi hilangnya sumber daya lingkungan
    Pada tahun 2015 mendatang diharapkan mengurangi setengah dari jumlah orang yang tidak memiliki akses air minum yang sehat
    Pada tahun 2020 mendatang diharapkan dapat mencapai pengembangan yang signifikan dalam kehidupan untuk sedikitnya 100 juta orang yang tinggal di daerah kumuh.
    Evaluasi saya : Di Indonesia telah ada kegiatan reboisasi atau penghijauan kembali. Dengan kegiatan tersebut Indonesia telah dapat menjamin daya dukung lingkungan hidup. Selain itu dengan adanya PDAM dapat menjamin air bersih kepada penduduk.
    8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan
    Target:
    – Mengembangkan lebih jauh lagi perdagangan terbuka dan sistem keuangan yang berdasarkan aturan, dapat diterka dan tidak ada diskriminasi. Termasuk komitmen terhadap pemerintahan yang baik, pembangungan dan pengurangan tingkat kemiskinan secara nasional dan internasional.
    – Membantu kebutuhan-kebutuhan khusus negara-negara kurang berkembang, dan kebutuhan khusus dari negara-negara terpencil dan kepulauan-kepulauan kecil. Ini termasuk pembebasan-tarif dan -kuota untuk ekspor mereka; meningkatkan pembebasan hutang untuk negara miskin yang berhutang besar; pembatalan hutang bilateral resmi; dan menambah bantuan pembangunan resmi untuk negara yang berkomitmen untuk mengurangi kemiskinan.
    Evaluasi saya : Tujuan ini belum dapat dilaksankan secara maksimal, sebab Indonesia sendiri masih dalam tahap mengembangkan kemitraan global terhapa Negara lainnya.

  2. putri nunung I
    5 April 2011 pukul 05:09

    Nama : Putri Nunung Indarwati
    Kelas : A2/08
    NPM : 08144600004

    Tugas Evaluasi Millenium Development Goal,s (MDG,s)

    MDG’s adalah delapan tujuan yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015 dan merupakan tantangan utama dalam pembangunan diseluruh dunia. Indonesia termasuk ke dalam negara yang mengupayakannya, ke delapan tujuan tersebut yaitu :
    1. Mengentaskan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim,
    Pemerintah dalam upayanya mengentaskan kemiskinan dan kelaparan belum terlihat hasilnya, karena masih banyak masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Banyak kebijakan – kebijakan pemerintah yang pada penerapannya malah tidak sesuai dengan tujuan dan menambah beban masyarakat yang kurang mampu. Contohnya penggusuran yang tujuannya menertibkan bangunan – bangunan liar atau lapak – lapak liar milik masyarakat yang kurang mampu pada hakikatnya justru menambah kemiskinan di negara ini karena tidak disertai dengan penanganan berlanjut bagi korban. Dana dari pemerintah yang di khususkan bagi warga miskin pada kenyataannya masih banyak warga miskin yang belum menerima dana tersebut. Jika dilihat dari tahun ketahun warga miskin malah semakin banyak. Masih banyak anak – anak yang menderita busung lapar khususnya di daerah yang jauh dari pusat kota dan terpinggirkan contohnya di Kalimantan, NTT dan daerah terpencil lain. Butuh upaya yang keras dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini semua.
    2. Pemerataan pendidikan dasar baik laki-laki maupun perempuan.
    Program wajib belajar 9 tahun bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di Negara kita khususnya dalam bidang pendidikan, tetapi masih banyak anak – anak yang belum atau tidak sama sekali mengenyam bangku sekolah. Khususnya anak – anak yang bertempat tinggal di daerah terpencil. Fasilitas sekolah yang tidak mendukung. Bahkan ketiadaan sekolah di daerah tersebut, himpitan ekonomi yang menyebabkan mereka tidak bisa bersekolah. Pemerintah memang memberikan bantuan untuk sekolah gratis pada anak –anak yang tidak mampu tetapi bantuan itu tidak sepenuhnya diterima mereka. Sarana dan prasarana yang tidak mendukung sebenarnya menjadi masalah utama, contoh di Polewalimandar di suatu daerah yang terpencil anak – anak harus menempuh jarak 5km berjalan kaki melewati bukit dan lembah untuk bersekolah.
    3. Mendukung persamaan jender dan pemberdayaan perempuan,
    Dalam tahun 2011 ini sudah ada perubahan yang baik dalam tujuannya mendukung persamaan jender dan pemberdayaan perempuan. Sekarang banyak wanita yang menjadi pemimpin ataupun yang berprofesi seperti laki – laki. Contohnya ada supir bus wanita.

    4. Mengurangi tingkat kematian pada anak usia dibawah 5 tahun, pada tujuan ini pemerintah sudah merealisasikannya dengan baik. Di setiap daerah sudah ada posyandu atau puskesmas. Dan sudah ada kegiatan rutin pemeriksaan kesehatan anak – anak. Biasanya diadakan satu bulan sekali.
    5. Meningkatkan kesehatan ibu, mengurangi dua pertiga kematian ibu dalam proses melahirkan, Dalam tujuan ini masih belum teratasi penyediaan pelayanan medis untuk ibu yang melahirkan . masih kurang khususnya bagi ibu- ibu kurang mampu. Kesadaran ibu – ibu pun untuk memeriksakan kehamilannya secara berkala masih kurang.

    6. Perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya, perlawanan terhadap HIV/ AIDS, malaria dan penyakit lainnya sudah baik. Pemerintah sering melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya HIV dan cara pencegahannya. Dan melakukan penyemprotan pada derah – daerah yang terinjeksi penyakit malaria.
    7. Menjamin daya dukung lingkungan hidup, dalam tujuan ini belum tercapai maksimal. Perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak.
    8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. Dalam tujuan ini juga msih sangat sulit karena untuk Indonesia sendiri masih mengalami masalah dalam bidang keungan. Untuk masyarakat kecil yang mau bermitra contohnya dengan Ban juaga ,asih sangat sulit.
    Jadi secara global tujuan Pembangunan Milenium MDG memang masih belum terlaksana dan tercapai secara baik dan dibutuhkan partisipasi dan kerjasama dari berbagai pihak, pemerintah swasta dan masyarakat.

    alamat blog saya bu
    poethree.blog.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: