Pembelajaran Tematik

Tematik

Tematik

Kompetensi Umum Mata Kuliah Pembelajaran Tematik

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami makna Pembelajaran Tematik, merancang, melaksanakan, dan mengembangkan Pembelajaran Tematik yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar kelas I – III.

Deskripsi Singkat Mata Kuliah Pembelajaran Tematik

Mata kuliah ini  membahas tentang teori yang berkaitan dengan  Pembelajaran Tematik dan  penerapan teori yang dikaitkan dengan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran dengan Pendekatan Tematik di Sekolah Dasar khususnya kelas I – III

 

Kegiatan Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Tematik

Minggu

Ke –

Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Kegiatan Pembelajaran Referensi
1. Pendahuluan o Latar belakang pelaksanaan pembelajaran tematik

o Pentingnya Pembelajaran Tematik

Tanya jawab

Diskusi

B
2. Konsep Pembelajaran Terpadu o Landasan teori pembelajaran terpadu

o Model-model pembelajaran terpadu

Tanya jawab

Diskusi

A
3. Konsep pembelajaran Tematik o Pengertian pembelajaran tematik

o Karakteristik pembelajaran tematik

o Manfaat pembelajaran tematik

o Implikasi pembelajaran tematik

Tanya jawab

Diskusi

A
4. Landasan Teori dan Empirik Pembelajaran Tematik o Landasan filosofis

o Landasan Psikologis

o Landasan Yuridis

o Teori Pembelajaran Konstruktivisme

Penjelasan

Tanya jawab

ABC
5. Landasan Teori dan Empirik Pembelajaran Tematik o Teori Perkembangan Jean Peaget

o Teori Multi-Sociocultural (Vigotsky)

Penjelasan

Tanya jawab

ABC
6. Prinsip Dasar Pembelajaran Tematik o Prinsip Dasar Pembelajaran Tematik

o Rambu-rambu pembelajaran tematik

Penjelasan

Tanya jawab

ABC
7. Tahap Persiapan Pembelajaran Tematik o Pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dalam tema Penjelasan

Tanya jawab

Praktek penyusunan SK, KD dan indikator dalam tema

ABC
8. Tahap Persiapan Pembelajaran Tematik o Penyusunan Jaring-Jaring Tema Penjelasan

Praktek Penyusunan Jaring-Jaring Tema

ABC
UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Tahap Persiapan Pembelajaran Tematik o Penyusunan Silabus Penjelasan

Praktek Penyusunan Silabus

ABC
10. Tahap Persiapan Pembelajaran Tematik o Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Penjelasan

Praktek Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

ABC
11. Tahap Pelaksanaan o Tahap kegiatan

§  Kegiatan pendahuluan

§  Kegiatan inti

§  Kegiatan penutup

o    Pengaturan Jadwal Pelajaran

Penjelasan

Praktek Penyusunan Jadwal Pembelajaran

ABC
12. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik o Pengembangan bahan ajar Penjelasan

Praktek penyusunan bahan ajar

ABC
13. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik o Penyusunan Lembar kegiatan Siswa (LKS) dan Penilaian Dalam Pembelajaran Tematik Penjelasan

Praktek penyusunan LKS dan penilaian

ABC
14. Tahap pelaksanaan pembelajaran tematik Praktek
15. Simulasi Pembelajaran Tematik Praktek
16. Simulasi Pembelajaran Tematik Praktek
UJIAN AKHIR SEMESTER

 

Kriteria Penilaian

No. Aspek Penilaian Persentase
1. Hasil Ujian Tengah Semester (Teori) 15 %
2. Hasil Ujian Akhir Semester (Teori) 15 %
3. Tugas/Proyek 60 %
4. Partisipasi Mahasiswa 10 %
Total 100%

 

Referensi :
A. BSNP (2008). Makalah Pembelajaran Tematik.
B. Depdiknas (2006). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar, Pusat kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
C. Sukayati (2009). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. PPPPTK Matematika. Yogyakarta.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: