Pembelajaran Terintegrasi

Pembelajaran Terintegrasi

Pembelajaran Terintegrasi

Kompetensi Umum Mata Kuliah Pembelajaran Terintegrasi
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana mahasiswa menghadapi hidup dengan bijaksana. Pengetahuan dan keterampilan tersebut akan diajarkan pula pada setiap pembelajaran di SD untuk membentuk siswa yang berkarakter serta bijaksana dalam menghadapi kehidupan. Pada setiap pembelajaran di SD akan diintegrasikan dengan keterampilan hidup (life skill), softskill, religiusitas serta nilai-nilai moral.

 

 

Deskripsi Singkat Mata Kuliah Pembelajaran Terintegrasi
Mata kuliah ini meliputi keterampilan hidup (life skill), softskill, religiusitas serta nilai-nilai moral bagi seorang pendidik.

Jabaran Kegiatan Pembelajaran Terintegrasi

Minggu

Ke –

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Referensi

1. Pengertian dan Pentingnya Pembelajaran Terintegrasi o Pengertian pembelajaran terintegrsi 

o Pentingnya pembelajaran terintegrai

A,B
2. Pendidikan Nilai/Moral o Konsepsi moralitas 

o Keputusan moral

o Moral thinking dan moral action

A
3. Teori Perkembangan Moral o Tahap-tahap keputusan moral 

o Tahap-tahap perkembangan moral

A
4. Teori Perkembangan Afektif o Karakteristif afektif 

o Teori perkembangan afektif

o Kompetensi afektif

A
5. Pendidikan Nilai Komprehensif o Pendekatan komprehensif 

o Metode Komprehensif

o Evaluasi komprehensif

A
6. Pendidikan Moral dengan Pendekatan Kognitif : Pengembangan Penalaran Moral o Model pengembangan penalaran moral 

o Praktik pengembangan moral

A
7. Implementasi Pendidikan Afektif o Pendidikan Afektif 

o Pengembangan Keterampilan Intrapribadi

o Pengembangan Keterampilan Antarpribadi

o Pengembangan Kesadaran Diri

o Pengembangan Empati dan Keterampilan Sosial

o Pengembangan Instrumen Evaluasi Afektif

A
8. Pendekatan Komprehensif untuk Mengembangkan Kecerdasan Religius, Kultural, Sosial, Emosional dan Intelektual 

 

o Berbagai Kecerdasan 

o Pendekatan Komprehensif

o Implementasi Pendekatan Komprehensif

 

A
UJIAN TENGAH SEMESTER
9. Pendidikan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Kepekaan Sosial o Keterampilan Berpikir Kritis 

o Keterampilan Berpikir Kreatif

o Kepekaan Sosial

A
10. Rekonstruksi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Nilai dan Spiritualitas o Kemitraan Sekolah dan Keluarga 

 

 

11. Pengembangan Kebiasaan Afektif dan Keterampilan Mengatasi Konflik o Pengembangan Kebiasaan Afektif 

o Pengembangan keterampilan Mengatasi Konflik

o Metode Mediasi

o Penanganan Konflik Sosial

A
12. Soft Skills dunia pendidikan o Pedagogi soft skills 

o Softskills dunia pendidikan

o Mengasah keterampilan pendukung profesi

B
13. Mengasah Soft skills pendidik o Mengasah soft skills pendidik 

o Membangun keterampilan mengajar

o Teknik-teknik pembelajaran soft skills

 

14. Pembelajaran terpadu hardskills dan soft skills o Mengajarkan soft skills 

o Pembelajaran hard skills berbasis soft skills

15. Holistik Soft skills o Olah otak 

o Olah  hati

o Olah raga

o Olah batin

B
16. Religiusitas o Belajar ala Rasul/Nabi Muhammad SAW dalam mendidik, berkomunikasi dan bersikap diri B
UJIAN AKHIR SEMESTER

Kriteria Penilaiaan

No. Aspek Penilaian Persentase
1. Hasil Ujian Tengah Semester (Teori) 20 %
2. Hasil Ujian Akhir Semester (Teori) 20 %
3. Tugas 50 %
4. Partisipasi mahasiswa (kehadiran, keaktifan, sikap ) 10 %
Total 100%

Referensi :

A.Darmiyati Zuhdi (2008), Humanisasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

B. Elfindri, dkk (2010), Softskill untuk Pendidik. Baduose Media.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: