Pendidikan IPS SD

IPS SD

IPS SD

Deskripsi Mata Kuliah  Pendidkan IPS SD

Mata kuliah Pendidikan IPS SD ini dimaksudkan untuk membekali  mahasiswa kemampuan dalam mendeskripsikan bahan kajian akademik untuk menelaah, merumuskan, dan mengembangkan pembelajaran IPS SD. Mata kuliah ini difokuskan pada materi yang berkaitan dengan pembelajaran aspek: (1) manusia, tempat, dan lingkungan, (2) waktu, keberlanjutan, dan perubahan, (3) sistem sosial dan budaya, dan (4) perilaku ekonomi dan kesejahteraan

Kompetensi Umum  Pendidikan IPS SD

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mendeskripsikan bahan kajian akademik serta memiliki kemampuan menelaah, merumuskan, dan mengembangkan pembelajaran IPS SD.

Kompetensi Khusus  Pendidikan IPS SD
1.      IPS sebagai program pendidikan.
2.     Konsep Pendidikan IPS Dan Karakteristik Pendidikan IPS Di SD.
3.     Penanaman Nilai dan Sikap dalam Pembelajaran IPS SD.
4.    Keterampilan Dasar IPS dalam Pelaksanaan Tugas sebagai Guru dan dalam kehidupan.
5.    Model, Media Dan Metode Pembelajaran IPS Di SD
6.    Pembuatan silabus dan RPP mata pelajaran IPS SD.
7.     Pengembangan Bahan Ajar IPS SD
8.    Pengembangan Penilaian IPS SD
Ujian Tengah Semester
9.    Metode Demonstrasi dalam pembelajaran IPS SD.
10.    Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran IPS.
11.    Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Pembelajaran IPS.
12.    Pendekatan Konsep Sains-Teknologi-Masyarakat (STM ) dalam Pembelajaran IPS.
13.    Simulasi Pembelajaran IPS SD
14.    Simulasi Pembelajaran IPS SD
15.    Simulasi Pembelajaran IPS SD
16.    Simulasi Pembelajaran IPS SD
Ujian Akhir Semester

Strategi Pembelajaran  Mata kuliah Pendidikan IPS SD

1.    SCL (Student Center Learning)
2.    Kuliah tatap muka dalam bentuk ceramah
3.    Diskusi kelas membahas topik tertentu.
4.    Kuis dan tugas mandiri mengenai tema-tema yang berhubungan dengan Pendidikan IPS SD
5.    Hasil akhir mata kuliah ini adalah silabus, RPP dan alat peraga yang dibuat mahasiswa secara mandiri.
6.    Mahasiswa secara berkelompok harus menciptakan alat peraga (murah) IPS yang dibuat atas kreativitas dan inovasi kelompok tersebut.
7.    Presentasi kelompok untuk membahas dan menganalisis tema-tema IPS beserta alat peraga yang dibuat.
8.    Mahasiswa berhak mendapatkan nilai lebih atau nilai tambahan jika dapat menulis artikel bertemakan Pendidikan IPS SD (dalam kurun waktu semester sekarang) di media lokal dengan mencantumkan identitas sebagai mahasiswa PRODI PGSD UPY dengan syarat kehadiran > 80 %.
9.    Mahasiswa dapat tidak mengikuti ujian jika dapat menulis artikel bertemakan Pendidikan IPS SD dalam kurun waktu semester sekarang) di media nasional dengan mencantumkan identitas sebagai mahasiswa PRODI PGSD UPY dengan syarat kehadiran > 80 %.
10.    Mahasiswa berhak mendapatkan nilai akhir A tanpa mengikuti UTS dan UAS jika dapat menulis artikel bertemakan Pendidikan IPS SD (dalam kurun waktu semester sekarang) di media internasional dengan mencantumkan identitas sebagai mahasiswa PRODI PGSD UPY dengan syarat kehadiran > 80 %.

Penilaian Mata Kuliah Pendidikan IPS SD

No Aspek Penilaian Persentase Keterangan
1 Hasil Ujian Akhir Semester 15% Bentuk soal uraian
2 Hasil Ujian Tengah Semester 15% Bentuk soal uraian
3 Tugas dan Proyek 60% Pengumpulan tepat waktu
4 Partisipasi 10% Setiap pertemuan
Total 100% Nilai mata kuliah

Skala Penilaian   Mata Kuliah Pendidikan IPS SD :

Skor Nilai Huruf Nilai Bobot
85, 01  – 100 A 4
79, 01  – 85 A- 3, 75
74, 01  – 79 B+ 3, 25
70, 01  – 74 B 3
65, 01  – 70 B- 2, 75
60, 01  – 65 C+ 2, 25
55, 01 – 60 C 2
39, 01 – 55 D 1
0 – 39 E 0

Daftar Pustaka :

1.    Abu Su’ud, 2008. Revitalisasi Pendidikan IPS, Universitas Negeri Semarang Press, Semarang.
2.    Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta: Dirjen Dik Das Men.
3.    Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Kompetensi Kelulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta: Dirjen Dik Das Men.
4.    Darmiyati Zuhdi, 2008. Humanisasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
5.    Hidayati, dkk., 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
6.    Nursid Sumaatmaja, 2008. Konsep Dasar IPS, Universitas Terbuka, Jakarta.
7.    Saidiharjo, 2004. Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
8.    Depdiknas, 2006. Model Penilaian Kelas. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, Jakarta.
9.    Depdiknas,2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan, Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
10.    Sa’dun akbar, 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran IPS, Cipta Media, Yogyakarta.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: